Sejarah Benang

Sejarah Benang

     Penemuan benang diawali dengan penemuan benang sutera, benang sutra yang di dapat dari ulat sutera pertama kali ditemukan oleh ratu Xi Ling-Shi ribuan taun lalu. Ceritanya, suatu hari ketika Ratu Xi Ling-Shi sedang bertamasya, ia menemukan kepompong ulat sutra. Karena penasaran, kepompong itupun disentuh dengan jarinya, diapun mencoba menarik selembar benang yang keluar dari kepompong itu. Dan,sungguh menakjubkan, semakin dia tarik benangnya semakin panjang hingga menutupi dan membalut jarinya. Ratupun berhenti menarik benang karena tangannya terasa panas.

Ketika benang itu habis, ratu melihat kepompong kecil. Akhirnya dia menyadari bahwa kepompong itu merupakan sumber benang yang disebut benang sutra. Ratu pun lalu bercerita kepada semua orang, sehingga penemuan ini dikenal secara luas. Benang tersebut kemudian dipintal dan dijadikan kain dan ternyata memiliki kualitas bagus. Selain sangat halus, kain halus kain sutera juga sangat lembut hingga banyak orang yang suka.

Identifikasi Teks 6: Sejarah Benang

NO PARAGRAF PERISTIWA
1. I ·         Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi

ini adalah Penemuan benang.

·         Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah ratu Xi Ling-Shi.

·         Peristiwa yang dimaksud terjadi pada ribuan taun lalu.

·         Peristiwa ini terjadi Karena penasaran, kepompong itupun disentuh dengan jarinya, diapun mencoba menarik selembar benang yang keluar dari kepompong itu. Dan,sungguh menakjubkan, semakin dia tarik benangnya semakin panjang hingga menutupi dan membalut jarinya.

·         Peristiwa ini berawal dengan penemuan benang sutera, benang sutra yang di dapat dari ulat sutera pertama kali ditemukan oleh ratu Xi Ling-Shi ribuan taun lalu. Ceritanya, suatu hari ketika Ratu Xi Ling-Shi sedang bertamasya, ia menemukan kepompong ulat sutra.

2. II ·         Peristiwa yang diidentifikas adalah Penemuan benang.

·         Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah ratu Xi Ling-Shi.

·         Peristiwa ini terjadi Karena kepompong kecil kemudian dipintal dan dijadikan kain dan ternyata memiliki kualitas bagus. Selain sangat halus, kain halus kain sutera juga sangat lembut hingga banyak orang yang suka.

Identifikasi Teks 6: Sejarah Benang

Mencari Konjungsi

No. Paragraf Paragraf Konjungsi
1. I Penemuan benang diawali dengan penemuan benang sutera, benang sutra yang di dapat dari ulat sutera pertama kali ditemukan oleh ratu Xi Ling-Shi ribuan taun lalu. Ceritanya, suatu hari ketika Ratu Xi Ling-Shi sedang bertamasya, ia menemukan kepompong ulat sutra. Karena penasaran, kepompong itupun disentuh dengan jarinya, diapun mencoba menarik selembar benang yang keluar dari kepompong itu. Dan ,sungguh menakjubkan, semakin dia tarik benangnya semakin panjang hingga menutupi dan membalut jarinya. Ratupun berhenti menarik benang karena tangannya terasa panas. Yang,

Dengan,

Ketika,

Karena,

Dan,

Hingga.

2. II Ketika benang itu habis, ratu melihat kepompong kecil. Akhirnya dia menyadari bahwa kepompong itu merupakan sumber benang yang disebut benang sutra. Ratu pun lalu bercerita kepada semua orang, sehingga penemuan ini dikenal secara luas. Benang tersebut kemudian dipintal dan dijadikan kain dan ternyata memiliki kualitas bagus. Selain sangat halus, kain halus kain sutera juga sangat lembut hingga banyak orang yang suka. Ketika,

Akhirnya,

Bahwa,

Merupakan, Yang,

Sehingga,

Kemudian, Dan,

Hingga.

 

Identifikasi Teks 6: Sejarah Benang

Mencari Konfiks

No Paragraf Kalimat Konfiks Makna Fungsi
1. I Penemuan benang diawali dengan penemuan benang sutera, benang sutra yang di dapat dari ulat sutera pertama kali ditemukan oleh ratu Xi Ling-Shi ribuan taun lalu. Pe-an Menyatakan makna hasil Membentuk kata benda
Ceritanya, suatu hari ketika Ratu Xi Ling-Shi sedang bertamasya, ia menemukan kepompong ulat sutra.
Karena penasaran, kepompong itupun disentuh dengan jarinya, diapun mencoba menarik selembar benang yang keluar dari kepompong itu.
Dan ,sungguh menakjubkan, semakin dia tarik benangnya semakin panjang hingga menutupi dan membalut jarinya.
Ratupun berhenti menarik benang karena tangannya terasa panas.
2. II Ketika benang itu habis, ratu melihat kepompong kecil. Selain sangat halus, kain halus kain sutera juga sangat lembut hingga banyak orang yang suka.
Akhirnya dia menyadari bahwa kepompong itu merupakan sumber benang yang disebut benang sutra.
Ratu pun lalu bercerita kepada semua orang, sehingga penemuan ini dikenal secara luas. Pe-an Menyatakan makna hasil Membentuk kata benda
Benang tersebut kemudian dipintal dan dijadikan kain dan ternyata memiliki kualitas bagus Pe-an Menyatakan makna perihal Membentuk kata benda

IdentifikasiTeks 6: Sejarah Benang

Mencari Kata Baku dan Kata Tidak Baku

No Paragraf Paragraf Kata Baku Kata Tidak Baku
1. I Penemuan benang diawali dengan penemuan benang sutera, benang sutra yang di dapat dari ulat sutera pertama kali ditemukan oleh ratu Xi Ling-Shi ribuan taun lalu. Ceritanya, suatu hari ketika Ratu Xi Ling-Shi sedang bertamasya, ia menemukan kepompong ulat sutra. Karena penasaran, kepompong itupun disentuh dengan jarinya, diapun mencoba menarik selembar benang yang keluar dari kepompong itu. Dan ,sungguh menakjubkan, semakin dia tarik benangnya semakin panjang hingga menutupi dan membalut jarinya. Ratupun berhenti menarik benang karena tangannya terasa panas.  
2. II Ketika benang itu habis, ratu melihat kepompong kecil. Akhirnya dia menyadari bahwa kepompong itu merupakan sumber benang yang disebut benang sutra. Ratu pun lalu bercerita kepada semua orang, sehingga penemuan ini dikenal secara luas. Benang tersebut kemudian dipintal dan dijadikan kain dan ternyata memiliki kualitas bagus. Selain sangat halus, kain halus kain sutera juga sangat lembut hingga banyak orang yang suka.  

Mengabstraksi sejarah benang :

Penemuan benang diawali dengan penemuan benang sutera. Benang sutera yang didapat dari ulat sutera pertama kali ditemukan oleh ratu xi ling –shi ribuan tahun lalu. Dia menemukan kepompong ulatsutera lalu disentuh dengan jarinya. Dia menarik selembar benang dan kepompong hingga menutupi dan membalut jarinya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s